Contoh Naskah Lomba Pidato Tingkat Kabupaten

Naskah Lomba Pidato Tingkat Kabupaten
Oleh : Ummi Kulsum

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
الحمدلله رب العالمين الصلاة والسلام علا اشرف الانبياء والمرسلين سيدنا محمد وعلا اله وصحبه اجمعين, اما بعد.

Yang terhormat, BupatiProbolinggo
Yang sayahormati, segenapjajaranmuspidaProbolinggo
Yang sayahormati, jajarandewanjuri
Hadirinsertateman-temanku yang berbahagia

Alhamdulillah, pujisyukurkitahaturkankehadirat Allah SWT yang telahmelimpahkanrahmat, taufikdaninayahnyapadakitasemuasehinggapadahari yang cerahinikitadapatbertatap muka di tempat yang berbahagia ini dalam rangka merayakan Maulid Nabi yang insya-Allah penuh dengan barokah ini
Sholawat serta salam, senantiasa semoga tetap tercurah-limpahkan keharibaan baginda Nabi Besar Muhammad SAW, karena berkat jasa beliaulah kita semua dibimbing dan diarahkan dari jaman jahiliah menuju jaman yang terang-benderang, jaman yang penuh dengan pengetahuan seperti yang kita rasakan saat ini.

Hadirin yang berbahagia
Bulan maulid merupakan bulan dihirkannya sesosok pemimpin panutan umat,seorang Nabi dan rosul yaitu nabi Muhammad SAW. Beliau dilahirkan dari keluarga terhormat bani Quraisy dari kalangan bani Hasyim terkenal dengan kemulian, kearifan, dan ketangguhan di lingkungannya padda zaman itu. Beliau lahir pada tanggal 12 Robiul Awal atau bertepatan dengan tahun Gajah.

Hadirin yang berbahagia

    Kalau kita berbicara tentang sejarah historitasnya beliau, mungkin tidak ada batasnya, dari saking agungnya pribadi beliau. Dari segi perbuatan dan tindakan yang penuh dengan kearifan serta cobaan yang diberikan oleh Allah waktu menegakkan agamnya. Ia penuh dengan ketulusan dan ketabahan yang semuanya beliau serahkan kepada Allah Tuhan pencipta semesta alam. Beliau telah menyatakan diri sebagaimana sabda beliau, tugas Ia diutus di muka bumi ini oleh Allah yaitu:


Artinya: Sesungguhnya aku diutus ke muka bumi ini ialah untuk menyempurnakan akhlak yang mulia.

Dewan juri serta teman-temanku yang berbahagia,

Dalam kenyataannya memang betul demikian, akhlak atau moralitas itu memang penting bagi manusia. Pentingnya akhlak ini tidak saja dirasakan oleh manusia seorang diri, tetapi juga dalam kehidupan berkeluarga, berteman, dan berinteraksi dengan masyarakat lainnya. Bahkan tidak kurang juga dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Akhlak atau moralitas itu merupakan mustika hidup yang membedakan manusia dengan hewan. Manusia tanpa akhlak akan kehilangan derajat kemanusiaannya sebagai makhluk Tuhan yang paling mulia. Apabila akhlak telah lenyap dari manusia, maka kehidupan itu akan menjadi hancur berantakan. Sekarang, manusia kebanyakan tidak memperdulikan lagi masalah baik dan buruk, halal atau haram. Pertanyaannya sekarang, maukah kita merubahnya?

Contoh yang paling mudah saja saat ini adalah disekolah tempat kita belajar. Ada sebagian siswa yang membolos, mencontek ketika ujian, dan juga berbohong pada guru dan orang tua. Hal ini penting, karena perbuatan tersebut tanpa kita sadari sudah bertentangan dengan akhlak yang baik, yang senantiasa harus kita pupuk sejak dari bangku sekolah.


Hadirin serta teman-temanku yang berbahagia

Oleh karena itu, kita harus lebih mengenal lagi sosok dan panutan kita yaitu Nabi Muhammad SAW. Segala tindak-tanduknya senantiasa diparasi oleh kemuliaan akhlaknya, sikap dan sifatnya senantiasa dihiasi dengan pribadinya yang mulia. Sangatlah benar Allah memuji akhlak beliau dalam al-Quran surah al-Ahzab ayat 21.



Artinya: “Sesungguhnya telah ada pada diri Rosulullah, contoh suri tauladan yang baik bagimu”.

Teman-teman yang berbahagia,
Demikianpidatosingkatsayaini.Terimakasihataskesempatan yang telahdiberikankeapadasaya.Mudah-mudahan apa yang saya sampaikan dari awal sampai akhir membawa manfaat pada kita semua untuk lebih meningkatkan keislaman kita, lebih meningkatkan iman dan akhlak kita serta lebih mencintai Allah dan Rosulnya. Semoga media terbatasinimemberikanpengetahuan yang tanpabatasdantakterbatas.


اخر الكلام ثم السلام عليكم ورحمة الله وبركة

Ulasan

Popular

Naskah Pidato : Larangan Mencela Makanan

Penurunan Moral Remaja Contok Pidato tentang Pendidikan Karakter

Pidato Ibu Tiri dan Anak Yang sering Tidur dengan...