Contoh Pidato tentang Ekonomi Kreatif untuk Desa, Pemuda dan Pejabat

Assalamualaikum Wr. Wb.
Selamat pagi
Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa karena sampai pada detik ini kita masih diberi nikmat yang tiada tara.  Salah satu nikmat itu adalah nikmat sehat agar kita bisa hadir dalam pertemuan ini.

Para hadirin yang berbahagia


Apabila kita membahas masalah perekonomian mikro, pasti kita akan membayangkan, perekonomian mikro adalah suatu perekonomian yang melibatkan masyarakat kecil dengan modal dan pemasaran produk yang terbatas. Sebenarnya, ekonomi mikro adalah cabang ilmu ekonomi yang mempelajari perilaku dari unit-unit ekonomi individual, seperti rumah tangga, perusahaan, dan struktur industri. Ekonomi mikro membahas tentang alokasi dan efisiensi sumber daya pasar.

Perekonomian semacam ini, mendominasi di perekonomian negara berkembang dan Indonesia adalah salah satunya. Perekonomian Indonesia ditopang oleh perekonomian mikro, namun seiring berjalannya waktu perekonomian mikro menjadi tersaingi oleh perekonomian makro yang kebijakan ekonominya semakin membuat perekonomian mikro Indonesia menjadi terpuruk.

Hal itu akan berdampak buruk terhadap kesejahteraan rakyat, dan akan terjadi kesenjangan antara kaya dan miskin. Orang kaya semakin kaya dan orang miskin akan tetap miskin bahkan lebih miskin. Apabila kita melihat perekonomian seluruh masyarakat Indonesia, ekonomi mikro masih mendominasi perekonomiannya terutama di daerah pedesaan dan kota-kota kecil,  sehingga perlu adanya peran pemerintah dalam peningkatan, penguatan dan pemberdayaan masyarakat ekonomi mikro agar dapat lebih bersaing dengan lainnya.


Peran pemerintah dalam pemberdayaan masyarakat ekonomi mikro merupakan suatu peran yang sangat penting. Pemerintah bagaikan roh dan masyarakat ekonomi mikro bagaikan jasadnya. Apabila tidak ada sinergi dan kesatuan antara keduanya, tentu  kehidupan perekonomian di Indonesia tidak akan bisa hidup. Berbicara mengenai pemberdayaan masyarakat, tentunya hal ini tidak asing lagi kita dengar. Kegiatan seperti ini tidak jarang dilakukan pemerintah namun sangat disayangkan, hasilnya  adalah nol. Hal ini sangat  memprihatinkan. Cita-cita kita untuk menjadikan perekonomian mikro menjadi lebih tumbuh akan semakin jauh.

Pemberdayaan yang dilakukan selama ini oleh pemerintah “seperti halnya kita menabur garam di laut”. Program pemberdayaan yang sering dilakukan pemerintah membuat masyarakat menjadi tergantung, padahal tujuan dari pemberdayaan masyarakat itu sendiri adalah untuk  membangun kemampuan dan kemandirian masyarakat bukan sebaliknya membuat masyarakat menjadi tergantung terhadap berbagai program yang diberikan. Hal itu membuat tujuan dari pemberdayaan tersebut tidak tercapai. Inilah problematika yang ada di negeri kita sekarang ini.

Para hadirin yang berbahagia,

Menumbuhkan kemandirian rakyat adalah tujuan pokok dari pemberdayaan tersebut bukan menimbulkan ketergantungan. Untuk itu ada beberapa cara yang dapat dilakukan pemerintah dalam mengatasi ketergantungan masyarakat terhadap program-program pemberdayaan tersebut, diantaranya :
  •  Mempercepat pembangunan pedesaan melalui penyediaan prasarana, pembangunan sistem   agribisnis, industri kecil, kerajinan rakyat, pengembangan kelembagaan, penguasaan teknologi, dan pemanfaatan sumber daya alam.
  • Meningkatkan kualitas sumber daya manusia di daerah sesuai dengan potensi dan kepentingan daerah dengan memberikan pelatihan, bimbingan oleh pemerintah melalui dinas terkait dan melibatkan masyarakat itu sendiri dalam pelaksanaannya.
Jadi, yang saya maksudkan di sini  selain pemerintah memberi bantuan berupa infrastruktur penunjang, pemerintah juga harus meningkatkan kualitas SDM itu sendiri.

Para hadirin yang berbahagia,

Pemberdayaan masyarakat ekonomi mikro adalah sesuatu yang mau tidak mau harus dilakukan pemerintah untuk membuat masyarakat ekonomi mikro menjadi masyarakat yang mandiri, masyarakat yang berkualitas, dan masyarakat yang memiliki daya cipta tinggi sehingga ekonomi mikro di Indonesia akan tetap terus tumbuh.

Namun untuk itu semua kita memerlukan suatu upaya yang konkret dari pemerintah untuk memberdayakan masyarakat ekonomi mikro. Langkah yang tepat, dapat membuat hal tersebut menjadi kenyataan. Adapun tiga langkah tepat yang seharusnya dilakukan pemerintah guna keberhasilan pemberdayaan tersebut, yaitu:

Pertama, pemerintah harus dapat menciptakan suasana atau iklim yang memungkinkan potensi masyarakat berkembang. Disini yang dapat kita jadikan titik tolak adalah pengenalan bahwa setiap masyarakat memiliki potensi yang dapat dikembangkan.

Kedua, pemerintah harus memperkuat potensi atau daya yang dimiliki oleh masyarakat.  langkah-langkah nyata yang dapat dilakukan, seperti pembukaan akses ke berbagai peluang (opportunities) dan pemberian modal sehingga masyarakat memiliki keinginan untuk maju dan turut serta dalam program pemberdayaan guna menciptakan keseimbangan antara peran pemerintah dan masyarakat itu sendiri.

Ketiga, pemerintah harus dapat melindungi masyarakat. Melindungi harus dilihat sebagai upaya untuk mencegah terjadinya persaingan yang tidak seimbang, serta eksploitasi yang kuat atas yang lemah. Dalam proses pemberdayaan, harus dicegah yang lemah menjadi bertambah lemah.

Apabila langkah yang dilakukan pemerintah benar sesuai dengan langkah di atas serta pemerintah selalu mengawasi setiap pelaksanaan program tersebut. Impian kita untuk menciptakan masyarakat ekonomi mikro yang berkualitas, mandiri, dan berdaya saing  akan segera terwujud. We have to endure caterpillars if you want to see butterflies. Dan tetap kita ingat juga bahwa perekonomian di Indonesia adalah dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.

Hadirin yang berbahagia,


Meskipun Perekonomian Indonesia terutama ekonomi mikro masih menghadapi sejumlah persoalan, tantangan dan cobaan. Dengan pemberdayaan masyarakat, marilah kita yakini ekonomi indonesia akan terus tumbuh seiring dengan peningkatan kesejahteraan rakyat.

Keadaan negeri kita tidaklah gelap gulita. Indonesia yang kita cintai dan kita banggakan ini akan terus bangkit dari segala persoalan, berhasil tidaknya semua itu tidak terlepas dari masyarakat ekonomi mikro itu sendiri. Untuk itu, marilah kita ikut serta membantu pemerintah dlam permberdayaan masyarakat ekonomi mikro.

Hadirin yang saya hormati,

Demikianlah sambutan saya, apabila ada kata-kata yang kurang berkenan dan ada tutur kata yang salah, saya mohon maaf. Sekian, terima kasih atas perhatian hadirin.

Ulasan

Popular

Naskah Pidato : Larangan Mencela Makanan

Penurunan Moral Remaja Contok Pidato tentang Pendidikan Karakter

Pidato Ibu Tiri dan Anak Yang sering Tidur dengan...