Contoh Pidato Ekonomi Kreatif Presiden Jokowi di Banten

Bismillahirrahmanirrahim,

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Selamat pagi, salam sejahtera bagi kita semua,

  • Yang saya hormati Ibu Hj. Mufidah Jusuf Kallla,
  • Yang Mulia para Duta Besar,
  • Yang saya hormati Menteri-Menteri Kabinet Kerja yang hadir serta Kepala Badan Ekonomi Kreatif,
  • Yang saya hormati Gubernur Banten,
  • Bapak/Ibu sekalian, hadirin yang berbahagia.


Ketika saya memasuki areal ini, gedung ini, saya merasakan aura kreatifitas, bukan saja karena yang hadir di ruangan ini adalah pelaku-pelaku industri kreatif, tetapi juga acara dan produk yang ditampilkan penuh dengan semangat inovasi dan kreatifitas.


Saya sangat yakin bahwa ekonomi kreatif nantinya akan menjadi pilar perekonomian Indonesia di masa yang akan datang. Kita perlu melakukan lompatan dari perekonomian yang sebelumnya mengandalkan sumber daya alam, mengandalkan pertanian, mengandalkan industri, mengandalkan teknologi informasi, menjadi perekonomian yang digerakkan oleh industri kreatif.

Karena saya meyakini anak-anak muda kita, generasi muda kita, mempunyai potensi yang besar untuk masuk ke industri ini, baik di bidang film, di bidang video, di bidang seni pertunjukan, bidang seni tradisi, bidang games, animasi, dan yang lain-lainnya, desain, fashion, banyak sekali yang bisa dikembangkan.

Dan kalau kita ingin bersaing di bidang industri, pasti kita kalah dengan Jerman atau kalah murah dengan China. Tetapi di bidang ini, kesempatan itu sangat terbuka lebar, yaitu di bidang industri kreatif, di bidang ekonomi kreatif. Dan kreatifitas akan mendorong inovasi yang menciptakan nilai tambah yang lebih tinggi, tetapi pada saat yang bersamaan ramah terhadap lingkungan, serta menguatkan citra dan identitas  budaya bangsa kita.

Hadirin sekalian yang saya hormati,
Keyakinan akan masa depan sektor ekonomi kreatif mendorong saya untuk membentuk Badan Ekonomi Kreatif yang berfungsi menjadi akselerator pertumbuhan ekonomi kreatif di Indonesia. Dan saya berharap Badan Ekonomi Kreatif untuk segera bekerja dan bekerja, serta berdaya cepat untuk memberikan fasilitas, memfasilitasi percepatan pembangunan di sektor ekonomi kreatif.

Kepala Badan Ekonomi Kreatif sekarang ini dipegang oleh Bapak Triawan Munaf, tidak berasal dari birokrasi tetapi berasal dari profesional. Kalau masih ingat dulu ada band Giant Step, beliau ada di situ. Namun harus disadari bersama, bahwa upaya menggerakkan sektor ekonomi kreatif memerlukan kebersamaan, memerlukan sinergi dari semua pihak, pelaku-pelaku ekonomi kreatif.


Untuk itu, saya mendorong agar Temu Kreatif Nasional pada hari ini bisa semua pelaku-pelaku industri dan ekonomi kreatif yang terlibat untuk memberikan curah pikiran, curah gagasan, berbagi pengalaman, unjuk kerja, unjuk kreatifitas untuk kemajuan sektor ini. Saya juga mendorong sinergi dan kerja sama antara para inventor dengan para investor.

Saya berharap hal ini akan mendorong karya-karya kreatif yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan nilai tambah yang lebih besar.

Selain itu saya meminta semua pihak untuk bersinergi menghadapi tantangan yang semakin berat ke depan. Kita perlu memperkuat kemampuan industri kreatif untuk bersaing dengan produk-produk ekonomi kreatif dari impor. Kita juga perlu mendorong untuk memperkuat keterkaitan dengan sektor-sektor yang lain, baik ke belakang dengan pemasok maupun keterkaitan ke depan dengan menyerap sektor ekonomi kreatif.

Hadirin sekalian yang saya hormati,


Berbagai inovasi dan kreatifitas yang dihasilkan para pelaku industri kreatif tentu memerlukan wadah untuk mengekspresikan karyanya. Untuk itu perlu tempat pameran yang representatif, yang memberi ruang dan kesempatan bagi para pelaku industri kreatif. Sehubungan dengan itu, saya mengucapkan selamat atas pembangunan Indonesia Convention Exhibition di BSD City yang telah memiliki fasilitas meeting, insentive, conference, dan exhibition (MICE) ini.

Fasilitas MICE ini juga diharapkan menjadi media untuk mempromosikan berbagai jenis produk ekonomi kreatif Indonesia sehingga mampu mendorong tumbuhnya pelaku ekonomi kreatif lainnya yang dapat mendukung ekonomi regional dan nasional.


Penyelenggaraan berbagai kegiatan pameran dagang berskala nasional maupun internasional nantinya kita harapkan mampu mendorong tumbuhnya industri lain yang terkait, seperti peningkatan investasi, pengembangan usaha kecil dan mendapatkan devisa, dan yang lain-lainnya.

Tempat yang megah ini tidak akan berguna kalau tidak berkembang kreativitas yang menggerakkan ekonomi kreatif Indonesia. Oleh karena itu, manfaatkan kesempatan Temu Kreatif Nasional ini sebaik-baiknya.

Dan akhir kata, dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, Temu Kreatif Nasional serta Indonesia Convention Exhibition pada pagi hari ini saya nyatakan resmi dibuka.

Terima kasih.

Ulasan

Popular

Naskah Pidato : Larangan Mencela Makanan

Penurunan Moral Remaja Contok Pidato tentang Pendidikan Karakter

Pidato Ibu Tiri dan Anak Yang sering Tidur dengan...